3OyBtN5VNys6Is1fNMQy30ojvwXN07RCsYh9Wkvj
Bookmark

Cara Mengetahui Kecepatan Blog dan Website untuk SEO

Kincirbima.com - Mengetahui kecepatan suatu blog atau website merupakan keharusan yang diperlukan oleh suatu admin web atau blogger untuk memaksimalkan performa dan kualitas blog atau web yang dimiliki. Dalam suatu ilmu SEO, para admin atau pengelola web wajib memeriksa secara berkala kecepatan web atau blog yang dimiliki. 

Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari membuat simple tampilan website, mengcompres ukuran gambar menjadi lebih kecil, memasang widget dan lain-lain. Itu semua untuk mengejar atau menarik perhatian mesin pencari google agar web atau blog yang kita kelola berada di urutan no 1 google. 

Jika kamu sudah melakukan banyak optimasi atau percobaan untuk menjadikan blog atau website maka sudah saatnya kamu mengecek berapa kecepatan yang dimiliki website mu sekarang. 

Saya akan memberikan beberapa situs online gratis untuk mengecek berapa kecepatan website dan blog yang kamu miliki. Harap diingat, setiap situs memiliki penilaian sendiri dalam menilai suatu website. Misalkan di situs A, web kamu mendapat skor B. bisa jadi di situs B, web kamu mendapatkan skor A. Jadi kamu tidak perlu ngotot agar di setiap situs, web kamu mendapat nilai skor A atau 100.

Situs untuk mengecek kecepatan Web atau Blog anda

1. Google PageSpeed Insight

cek kecepatan blog-web
Situs ini merupakan sistem yang diciptakan oleh google. Pada tahun 2010 Google resmi menjadikan kecepatan web sebagai indikator penilaian untuk SEO. Maka dari itu semua webadministrator berlomba-lomba untuk memperbaiki web mereka supaya menjadi lebih cepat.

Google akan menilai kecepatan loading website Anda menggunakan skala persen. Nilai 0 sampai 49 persen menunjukkan website Anda lambat. Nilai 50 sampai 89 persen menunjukkan kecepatan website Anda sudah mencapai rata-rata. Terakhir, nilai 90 sampai 100 persen menandakan website Anda cepat. Google PageSpeed Insight juga akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas user experience di perangkat mobile.

2. GTMetrix

cek kecepatan blog-web 2
Tools ini cukup diminati oleh para pemula web administrator untuk mengecek kecepatan suatu web. Selain gratis tools ini memiliki penggunaan yang mudah dan tampilan yang bagus untuk pemula. Tool ini menyediakan analisis lengkap kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Google PageSpeed Insight dan YSlow. 

Tools GTMetrix memberikan ringkasan statistik dan analisis kecepatan website di bagian atas halaman sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang Anda hadapi dan rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

3. WebPageTest

cek kecepatan blog-web 3
WebPageTest dikembangkan oleh Patrick Meenan, teknisi Chrome (Google). Software yang bersifat open source ini memungkinkan Anda untuk melakukan tes kecepatan website dari beberapa lokasi di seluruh dunia menggunakan browser secara gratis.

WebPageTest bahkan menyediakan fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan banyak lagi. Kelebihan dari WebPageTest adalah sudah mendukung HTTP/2 sehingga Anda bisa melakukan uji coba kinerja dari hosting WordPress termurah dengan mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam penilaian.